Ilmu sebagai puzzle adalah metafora yang begitu kuat dalam menggambarkan kompleksitas pengetahuan. Buku Inspiring Teaching menampilkan pendekatan yang unik dan menyentuh dalam menyampaikan ilmu, terutama melalui bab bertajuk Formatting: Menyusun Puzzle Keilmuan. Dalam bagian ini, penulis mengibaratkan buku sebagai kumpulan struktur dasar yang dirangkai layaknya kepingan puzzle—berbeda namun saling melengkapi.
Penulis membuka bab ini dengan ayat dari surah Ath-Thalaaq ayat 12, “Allah yang telah menciptakan tujuh langit dan bumi seperti itu pula. Perintah Allah berlaku padanya, supaya kamu ketahui bahwa Allah itu Mahakuasa atas segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya meliputi segala sesuatu.” Ayat ini menjadi pondasi pemikiran bahwa ilmu manusia hanyalah serpihan kecil dari pengetahuan yang melimpah milik Allah.
Buku ini tidak hanya menyampaikan teori, tetapi juga kisah dan pengalaman yang nyata. Formatnya disusun agar mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang. Penulis juga menghindari pemaparan pseudo science, dan lebih memilih pendekatan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
“Dedaunan itu seperti gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran,” tulis Jan McKeith dalam kutipan yang disematkan dalam buku ini. “Mereka muncul bila dibutuhkan… dan kita hendaknya menyapu yang lama untuk memberi tempat kepada yang baru.” Ini adalah filosofi penting dalam belajar dan mengajar—bahwa setiap gagasan ada waktunya, dan guru harus terus menyegarkan pikirannya agar tetap relevan.
Kasus-kasus pembelajaran yang disampaikan dalam buku ini banyak berasal dari pengalaman penulis sendiri sebagai trainer dan pendidik di Jabodetabek sejak 1996. Namun, ia juga membuka ruang bagi pembaca untuk menemukan cerminan dari pengalaman mereka sendiri di dalamnya.
Melalui pendekatan ini, Inspiring Teaching tidak hanya menjadi panduan mengajar, tapi juga cermin refleksi bagi para pendidik untuk menyusun, menyempurnakan, dan merangkai kembali kepingan ilmu mereka menjadi bentuk yang utuh dan bermakna.


