Close Menu
Citpos.idCitpos.id
  • Beranda
  • Berita
  • Ekonomi
  • Politik
  • Sosbud
  • Advetori
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram Vimeo
Citpos.idCitpos.id
Subscribe Login
  • Beranda
  • Berita
  • Ekonomi
  • Politik
  • Sosbud
  • Advetori
Citpos.idCitpos.id
Daily Tips

Menyusun Puzzle Ilmu yang Menghidupkan Pikiran

Ilmu bukan hanya untuk dipahami, tapi untuk dihidupkan dan dibagikan dengan cinta.
Astri NurfiantiAstri Nurfianti20 Jun 2025
Bagikan Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr WhatsApp VKontakte Email
Mind Map a Good Teacher (.An)
Bagikan
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Ilmu sebagai puzzle adalah metafora yang begitu kuat dalam menggambarkan kompleksitas pengetahuan. Buku Inspiring Teaching menampilkan pendekatan yang unik dan menyentuh dalam menyampaikan ilmu, terutama melalui bab bertajuk Formatting: Menyusun Puzzle Keilmuan. Dalam bagian ini, penulis mengibaratkan buku sebagai kumpulan struktur dasar yang dirangkai layaknya kepingan puzzle—berbeda namun saling melengkapi.

Penulis membuka bab ini dengan ayat dari surah Ath-Thalaaq ayat 12, “Allah yang telah menciptakan tujuh langit dan bumi seperti itu pula. Perintah Allah berlaku padanya, supaya kamu ketahui bahwa Allah itu Mahakuasa atas segala sesuatu, dan Sesungguhnya Allah ilmu-Nya meliputi segala sesuatu.” Ayat ini menjadi pondasi pemikiran bahwa ilmu manusia hanyalah serpihan kecil dari pengetahuan yang melimpah milik Allah.

Buku ini tidak hanya menyampaikan teori, tetapi juga kisah dan pengalaman yang nyata. Formatnya disusun agar mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang. Penulis juga menghindari pemaparan pseudo science, dan lebih memilih pendekatan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

“Dedaunan itu seperti gagasan-gagasan yang ada dalam pikiran,” tulis Jan McKeith dalam kutipan yang disematkan dalam buku ini. “Mereka muncul bila dibutuhkan… dan kita hendaknya menyapu yang lama untuk memberi tempat kepada yang baru.” Ini adalah filosofi penting dalam belajar dan mengajar—bahwa setiap gagasan ada waktunya, dan guru harus terus menyegarkan pikirannya agar tetap relevan.

Kasus-kasus pembelajaran yang disampaikan dalam buku ini banyak berasal dari pengalaman penulis sendiri sebagai trainer dan pendidik di Jabodetabek sejak 1996. Namun, ia juga membuka ruang bagi pembaca untuk menemukan cerminan dari pengalaman mereka sendiri di dalamnya.

Melalui pendekatan ini, Inspiring Teaching tidak hanya menjadi panduan mengajar, tapi juga cermin refleksi bagi para pendidik untuk menyusun, menyempurnakan, dan merangkai kembali kepingan ilmu mereka menjadi bentuk yang utuh dan bermakna.

Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr WhatsApp Email
Previous ArticlePeta Gagasan yang Menginspirasi Pengajaran
Next Article Menghidupkan Ilmu dalam Kehidupan Sehari-hari

Related Posts

Masalah Bukan Akhir, Tapi Awal Sebuah Solusi

8 Agu 2025

Mindset Guru Hebat Dimulai dari Cara Pandang yang Positif

1 Agu 2025

Berani Keluar Zona Nyaman, Kunci Menuju Versi Terbaik Diri

25 Jul 2025

Belajar dari Kesalahan, Menang dari Perubahan

18 Jul 2025
Add A Comment
Leave A Reply Cancel Reply

PB IGOCIS Jadi Jawaban Orang Tua untuk Minat dan Karakter Anak

Astri Nurfianti4 Okt 2025

Kajian Ustadzah Halimah Alaydrus Ribuan Jamaah Padati Mesjid Agung Tasikmalaya

Astri Nurfianti4 Mei 2025

Nabung Emas di Pegadaian Solusi Pelunasan Biaya Haji

Astri Nurfianti13 Feb 2025

Kemenko PMK Dukung Inovasi Ekosistem Logistik Haji

Astri Nurfianti12 Feb 2025
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
  • LinkedIn
  • TikTok
  • WhatsApp
  • Telegram
© 2025 Citpos.id by Dexpert, Inc.
PT Sciedex Multi Press
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.

Sign In or Register

Welcome Back!

Login to your account below.

Lost password?