Close Menu
Citpos.idCitpos.id
  • Beranda
  • Berita
  • Ekonomi
  • Politik
  • Sosbud
  • Advetori
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram Vimeo
Citpos.idCitpos.id
Subscribe Login
  • Beranda
  • Berita
  • Ekonomi
  • Politik
  • Sosbud
  • Advetori
Citpos.idCitpos.id
Info Haji

Kebutuhan Utama Selain Harta untuk Menjalankan Ibadah Haji

Kepuasan Jamaah Haji dan Masukan Peningkatan Layanan di Mina
Astri NurfiantiAstri Nurfianti8 Agu 2024
Bagikan Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr WhatsApp VKontakte Email
Kebutuhan Utama Menjalankan Ibadah Haji
Kakek 63 tahun gowes menuju makkah
Bagikan
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Jakarta – Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace mengumpulkan masukan dari jamaah tentang berbagai bentuk layanan penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi. Yang akan ia bawa dalam rapat bersama Kementerian Agama (Kemenag).

“Jadi bukan hanya tahun 2024 saja, tapi tahun sebelumnya juga saya lakukan (menjaring masukan). Sudah tahun ketiga saya meminta masukan dari jamaah dengan cara seperti ini. Ini bagian dari tugas saya sebagai anggota DPR RI untuk menyerap aspirasi,” ujar Ace dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Saran Jamaaah dan Tanggapan Terhadap Upaya Peningkatan Pelayanan Haji

Saran dan masukan yang kami minta mencakup pelayanan transportasi, pemondokan selama di Makkah dan Madinah, katering selama di Makkah, Madinah, Arafah dan Mina, serta pelayanan petugas haji, bimbingan manasik haji, dan lain-lain.

Aspirasi yang kami serap, kata dia akan sampaikan kepada Kemenag dan pihak-pihak terkait agar pelayanan penyelenggaraan haji bisa semakin lebih baik.

Surat Ace Hasan yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat ini direspons oleh jamaah haji. Salah satu haji yang memberikan tanggapan adalah Maman Suherman asal Jawa Barat.

Maman mengatakan secara keseluruhan pemerintah sudah bekerja keras dan memberikan setiap pelayanan. Apabila ada kekurangan merupakan hal yang lumrah.

“Terlebih ibadah haji membutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa, tergantung sisi mana kita memaknai. Namun sejujurnya kami ikhlas dan bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji di tahun ini,” kata Maman.

Kepuasan Jamaah Haji dan Masukan Peningkatan Layanan di Mina

Menurut Maman, berkaitan transportasi selama di Tanah Suci tidak ada kendala. Saat di Makkah, jamaah mendapat layanan transportasi Bus Shalawat selama 24 jam. Bus ini mengantar jamaah (pergi pulang) dari hotel ke terminal terdekat di Masjidil Haram.

Untuk konsumsi ia merasakan setiap waktu makan selalu tepat sesuai waktu, bahkan merasa lebih dari cukup.

“Pemondokan (hotel selama di Madinah dan Makkah) bagi kami merasa aman dan nyaman. Pemondokan di Arafah Alhamdulillah tidak ada masalah,” kata dia.

Kendati mengapresiasi pelayanan, ia juga memberi masukan kepada pemerintah agar mendorong otoritas Arab Saudi meningkatkan pelayanan di Mina.

“Hal ini Kementerian Agama RI perlu bernegosiasi kembali dengan Pemerintah Arab Saudi supaya dapat meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji Indonesia agar lebih nyaman dan tidak memaksakan kapasitas (jumlah) yang ditempati oleh jamaah haji Indonesia,” katanya.

Ace Hasan Info Haji Kemenag Ketua Komisi VIII RI
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr WhatsApp Email
Previous ArticleKetua Komisi VIII Beri Apresiasi Tinggi Penyelenggaran Haji 2024
Next Article Kemenag Lakukan Evaluasi Nasional Penyelenggaraan Haji 2024

Related Posts

Nabung Emas di Pegadaian Solusi Pelunasan Biaya Haji

13 Feb 2025

Kemenko PMK Dukung Inovasi Ekosistem Logistik Haji

12 Feb 2025

Setelah 13 Tahun, Megawati Menjalani Umroh Kembali

11 Feb 2025

Kurangi Antrian, Setoran Haji Naik Jadi 35 Juta

11 Feb 2025
Add A Comment
Leave A Reply Cancel Reply

PB IGOCIS Jadi Jawaban Orang Tua untuk Minat dan Karakter Anak

Astri Nurfianti4 Okt 2025

Kajian Ustadzah Halimah Alaydrus Ribuan Jamaah Padati Mesjid Agung Tasikmalaya

Astri Nurfianti4 Mei 2025

Nabung Emas di Pegadaian Solusi Pelunasan Biaya Haji

Astri Nurfianti13 Feb 2025

Kemenko PMK Dukung Inovasi Ekosistem Logistik Haji

Astri Nurfianti12 Feb 2025
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
  • LinkedIn
  • TikTok
  • WhatsApp
  • Telegram
© 2025 Citpos.id by Dexpert, Inc.
PT Sciedex Multi Press
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.

Sign In or Register

Welcome Back!

Login to your account below.

Lost password?